Jumat, 08 November 2013

Gunung Sinabung Tambah Kawah Baru


 
Tanah Karo, KORAN KARO
 
            Gunung Sinabungi kembali meletus,Selasa (15/10) sekira pukul 13.00 dan 13.30 Wib. Bersamaan letusan itu mulcul  kawah baru berbentuk garis lurus memanjang dari puncak  ke bawah ke arah danau Lau Kawar.  Kawah  baru itu  mengeluarkan asap bercampur debu, menyebabkan  warga sekitar yang sedang merayakan hari Raya Idul Adha 1432 H sedikit was-was.

           Kawah baru berbentuk garis lurus memanjang itu berada di sekitar jalur pendakian dari Danau Kawar, Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo. “Sebelum terjadi  letusan, suara gemuruh dan getaran sangat terasa di desa kami ini. Karena suasana malam hari kami tidak melihat kemunculan kawah baru itu,”ujar M.Yunus Sitepu, warga Desa Kuta Rakyat kepada wartawan, Selasa (15/10).  

            Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat, Armen Putra mengatakan, sampai saat ini status Gunung Sinabung masih berstatus waspada.”Untuk radius 2 kilo meter dari kawah, masyarakat tetap dilarang untuk melakukan aktivitasnya. Kawah yang baru terjadi itu yang berbentuk garis memanjang lebih kurang sekitar 500 meter dari puncak, yang mengarah ke bawah arah ke danau Lau Kawar,”jelasnya.
 
            Sementara untuk menjaga kekhawatiran masyarakat sekitar dan untuk menyampaikan keadaan yang sebenarnya  agar tidak simpang siur, Bupati Karo DR.HC. Kena Ukur Karo Jambi Surbakti  langsung berada di Danau Lau Kawar sebagai bukti bahwa keadaan gunung untuk saat ini masih aman dan tidak perlu ditakutkan .
 
“ Begitu dapat informasi munculnya kawah baru, tepatnya jalur pendakian dari Danau Lau Kawar,  saya bersama Camat Naman Teran dan Kadis Sosial Kabupaten Karo Sidarta Bukit langsung berada di sini bersama beberapa masyarakat sekitar,”ujar Bupati Karo kepada wartawan. munculnya kawah baru bukan berarti naiknya status Gunung dari waspada ke level berikutnya. “Saya langsung tadi ngomong dengan pemantau Gunung Sinabung dan mengatakan, mulculnya kawah baru pada gunung adalah hal yang wajar, namun demikian kewaspadaan itu harus tetap dijaga. Dan kepada masyarakat diminta agar tetap tenang dalam melakukan aktivitasnya masing-masing. Saya berada di sini di bawah kaki Gunung Sinabung  ini sebagai bukti bahwa keadan gunung masih tetap waspada,”tutupnya.(NT)
 
KAWAH BARU: Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti (empat kiri) DENGAn latar belakang Gunung Sinabung pasca munculnya kawah baru di jalur pendakian dari Danau Lau Kawar. Gunung Sinabung dengan kawah baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar