Senin, 08 Oktober 2012

Bupati Karo Lepas Ratusan Ekor Burung Jalak

KABANJAHE, KORAN KARO
Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti melepaskan ratusan ekor burung Jalak yang diyakini dapat memangsa hama lalat buah, Kamis (27/9) pukul 09.33 WIB "Dengan dua ekor burung Jalak saja, diyakini mampu menjaga satu hektar tanaman jeruk. Jadi dengan semakin banyak burung dilepas, diyakini pemangsa ulat-ulat pada tanaman pertanian masyarakat Karo akan semakin mengarah menuju lebih baik," kata Bupati Karo seusai melepas burung Jalak di halaman Kantor Bupati Karo di hadapan sejumlah Kepala Desa se Tanah Karo.

Menurut bupati, dengan menjaga kelestarian lingkungan alam ditambah dengan prilaku masyarakat yang peduli lingkungan, dengan sendirinya hama akan berkurang.

Dengan demikian, perekonomian rakyat akan terdongkrak kembali setelah diporak porandakan hama lalat buah pada tanaman jeruk. Bahkan, sekarang ini hama lalat buah tidak hanya merusak tanaman jeruk, tetapi tanaman tomat dan terong antaboga juga sudah mulai diserang lalat buah.

"Begitu juga dengan tanaman kelapa dan kemiri sudah mulai menurun produksinya. Hal ini, tentu saja sangat merusak sendi-sendi perekonomian rakyat yang mayoritas petani," katanya.

Kegiatan melepas burung jalak ini akan dilanjutkan secara terus menerus sampai pada tingkat kecamatan dan desa. Kepada Camat se jajaran Pemerintah Kabupaten Karo, disarankan bupati agar melepas burung jalak.

Pemerintahan desa juga disarankan, untuk membuat peraturan di desa agar larangan bagi para pemikat burung dan juga melarang penangkapan ikan dengan cara menyetrum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar