Rabu, 13 Juni 2012

50 Hektar Hutan di Sipiso-Piso Terbakar

KABANJAHE, KORAN KARO.
    Warga yang berdomisili di seputar lokasi kebakaran hutandi Bukit Sipiso-piso hingga Si Kodon-Kodon, sangat menyesalkan pihak Pemkab Karo yang terkesan lamban mengirimkan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api, Senin (11/6) lalu.
Menurut S Munte (45), kebakaran hutan itu mencapai lebih kurang 1000 hektar di Bukit Sipiso-Piso sampai ke Sikodon-Kodon.

    Kepala Badan Kesbang Pol PP dan Linmas yang membidangi Unit Pemadam Kebakaran Pemkab Karo melalui Kepala Pemadam Kebekaran Juris Tarigan SH ketika dikonfirmasi wartawan melalui telepon , Rabu (13/6) mengatakan, telah mengirim mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian setelah menerima laporan dari Dandim 0205/TK Letkol Kav Prince Meyer Putong SH pukul 23.15 WIB.

   "Begitu menerima laporan dari Dandim tentang kebakaran di hutan Bukit Sipiso-piso, kami langsung meluncur ke lokasi kejadian. Namun, karena medannya sangat terjal, beberapa mobil pemadam kebakaran tidak dapat beroperasi, kalau tidak salah hanya 1 yang dapat dioperasikan," katanya.

   Menurut informasi dihimpun wartawan, api diduga berasal puntung rokok yang dibuang orang yang tidak bertanggung jawab. Api dengan cepat menjalar ke kawasan pinggiran hutan Gunung Sipiso-piso di Desa Tongging Kabupaten Karo. Hampir semua tanaman kayu yang tumbuh di lokasi itu hangus terbakar dilalap api.

     Plt Kadis Kehutanan Pemkab Karo Ir Sucipto yang dikonfirmasi melalui telepon menyatakan, yang terbakar hanya sekitar 40-50 hektar saja dan pihak dinas kehutanan masih melakukan antisipasi.

    "Kita masih terus antisipasi tentang kebakaran hutan. Menurut warga, luas hutan yang terbakar mencapai 1000 hektar, itu sama sekali tidak benar, karena jumlah luas hutan yang ada di Kabupaten Karo tidak mencapai 1000 hektar," ujar Sucipto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar