Kamis, 14 Juni 2012

Danyon 125-Simbisa Kukuhkan Anggota Tagana Karo


 KABANJAHE,KORAN KARO
Meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit di satuan guna menanggulangi bencana alam, baik yang terjadi di satuan maupun wilayah, Danyon 125/ Simbisa Letkol Inf Sukirman Sulaeman SH mengukuhkan 109 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) di lapangan sepakbola Simbisa, Rabu (13/6).
Pelaksanaan juga sesuai dengan program kerja, khususnya di bidang latihan dan kalender latihan Yonif 125/ Simbisa. Hal itu diharapkan dapat mewujudkan kemampuan prajurit dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana alam kesiapsiagaan satuan baik dari aspek personil, materil maupun piranti lunaknya dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana alam.

Hal itu disampaikan Danyon 125/ Simbisa kepada wartawan usai pelaksanaan upacara pengukuhan anggota Tagana terdiri dari prajurit TNI-AD, polisi dan Satpol-PP.

Menurutnya, setelah upacara pengukuhan anggota Tagana akan dilanjutkan hari ini Kamis (14/6) pelatihan serta demonstrasinya di Danau Lau Kawar.

"Selain itu, kita harapkan seluruh anggota Tagana dapat melaksanakan dukungan kesehatan, logistik dan pengamanan dengan baik, mampu melakukan evakuasi dengan baik dan mampu melaksanakan komando dan pengendalian di lapangan,"ujarnya.

Sulaeman menyebutkan, dalam pelatihan sangat diharapkan perhitungan dan pertimbangan demi keslamatan jiwa pra anggota tagana, hingga hasil yang diharapkan dari latihan tersebut akan digunakan dengan baik.

"Kita berharap, para anggota yang ikut latihan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan para anggota. Demikian juga para pelatih yang memberikan materi pelatihan, supaya mempertimbangkan apa yang diinstruksikan,"tambahnya.

Dalam upacara itu, dikukuhkan koki sebanyak 1 regu (10 orang), pleton 1, 2 dan 3 masing-masing 1 pleton (33 orang) yang akan dilatih di bawah komando Danyonif 1256/ Simbisa.

Pasi Lidik 125/ Simbisa Kapten Inf Nazarudin selaku perwira pengawas pada pelatihan Tagana menyebutkan, para anggota Tagana akan mengikuti pelatihan meliputi; teknik mendirikan tenda serbaguna, teknik menggelar dapur lapangan, teknik evakuasi pengungsi, teknik memberikan pertolongan pertama pada korban serta teknik mencari lokasi pengungsian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar