Sabtu, 24 November 2012

Atasi Banjir Dampak Aksi Pembalak Liar Karang Taruna Desa Bandar Purba Bersihkan Drainase Jalan Negara


MARDINDING, KORAN KARO

Karang Taruna Desa Bandar Purba Kecamatan Mardingding Kab Karo mengambil alih tugas para pejabat kementrian PU yang menangani Jalan Negara ruas Lau Pakam -Kuta Buluh (Dairi)-Sidikalang. Tugas yang diambil alih para anggota Karang Taruna itu adalah melakukan Pembersihan Drainase (Parit) secara gotong royong disepanjang Desa Bandar Purba dipimpin Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Karang Taruna Andy Aries Marbun, Minggu (18/11).
Terjadinya kesepakatan para anggota Karang Taruna untuk mengevakuasi sendimen (Sampah-Kotoran) dari dalam drainase (Parit), akibat seringnya banjir dikawasan pemukiman tersebut hingga mengganggu arus lalu lintas jurusan Medan-Kota Cane (NAD).
“Walau pekerjaannya sangat berat, kami harus melaksanakan ini bang, karena parit di Desa kita ini sudah tertutup akibat lumpur dan pasir dari perbukitan setiap suasana hujan. Bahkan baru-baru ini terjangan air sampai merusak gereja dan rumah warga di kampung ini,” ujar Andy,Minggu (18/11) diampingi Satriany Br Sitanggang dan Abdul Sitinjak.
Ditambahkannya, dengan membersihkan parit yang berukuran (Volume) kecil ini, mudah-mudahan dapat mengurangi peristiwa banjir disaat hujan. Dihadapan ratusan karang Taruna yang bergotong royong, pemuda berusia 20 tahun ini berharap agar Bupati Karo dapat menertibkan aksi penebangan Kayu yang liar di perbukitan Kecamatan Mardingding tersebu dan itu mungkin Bupati telah mengetahui tapi kalau pura pura tidak tau ya dialah itu. Karena menurutnya, dampak penebangan kayu tersebut  sangat berpengaruh kuat menimbulkan peristiwa-peristiwa banjir seperti yang sudah beberapa kali terjadi di wilayah ini, ujarnya lagi.
Kepala Desa Bandar Purba Jenda Karo-Karo, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan,  membenarkan penjelasan Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut. “Semua yang dikatakan Pengurus Karang Taruna Desa kita ini benar. Seringnya terjadi banjir di Kecamatan ini khususnya di Desa yang saya pimpin ini akibat trerjadinya erosi (pengikisan tanah) di areal perbukitan. Jadi bukan bulat-bulat kesalahan pada para perawatan Drainase jalan nasional,” ujar Kades.
Pantauan wartawan, Minggu (18/11) di Desa Bandar Purba Kec Mardingding Kab Karo, ratusan para anggota Karang Taruna dengan system membagi bagi kelompok melakukan kegiatan pembersihan Drainase( parit) dengan menggunakan cangkul dan pedati kerbau sebagai alat evakuasi sendimen (Sampah). Para pemuda tampak bersemangat untuk melakukan aktivitas mereka.
Secara terpisah, Ny Plt Gubsu H Gatot P Nugroho ST  Hj Sutias Handayani Br Pelawi, Minggu (18/11) lewat telepon selulernya mengaku sangat bangga atas kebijakan-kebijakan yang dilaksankan oleh para anggota Karang Taruna Desa Bandar Purba. “Saya senang sekali mendengar hal ini, karena  Karang Taruna itu juga berperan untuk membantu tugas-tugas pemerintah. Saya sangat bangga karena saya juga merupakan bagian keluarga masyarakat karo, soal keluhan seringnya peristiwa banjir di daerah itu, kita akan segera bahas bersama. Masyarakat juga ada haknya untuk memperjelas kinerja para pemerintah berkaitan dengan keluhan-keluhan warga,” ujar Sutias yang sudah ditabalkan menjadi beru Pelawi di Desa Simacem Kec Naman Teran Karo tahun lalu.
Istri nomor satu di Sumatera Utara ini berharap agar Karang Taruna di Desa yang lain di Sumut dapat mencontoh pelaksanaan kebijaksanaan yang dilakukan oleh para anggota Karang Taruna Desa Bandar Purba Kec Mardingding Kab Karo. (LIN)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar